Kebudayaan (Tylor) adalah
suatu yang meliputi pengetahuan, kepercayaan, seni, kesusilaan, hukum, adat
istiadat, kesanggupan serta kebiasaan lain yang dipelajari oleh manusia sebagai
anggota masyarakat. Kebudayaan suatu wilayah atau negara merepresentasikan
kebudayaan suatu masyarakat. Bagaimana mereka hidup, hubungan sosial, sikap
serta kepribadian, dan lain sebagainya.
Dalam konteks bisnis
internasional, menjadi penting bagi pelaku bisnis untuk memahami karakteristik
suatu masyarakat melalui kebudayaanya. Setiap segmen (negara) memiliki
karakteristik yang berbeda. Dalam konteks pemasaran internasional, pemahaman mengenai
kebudayaan lokal berguna dalam pengambilan keputusan tentang target pasar dan
memposisikan produk (positioning product)
kaitanya dengan preferensi konsumen
seperti selera, gaya hidup, daya beli, desain produk, strategi pemasaran dan
lainya. Dalam konteks manajemen sumberdaya manusia pemahaman kebudayaan suatu
negara berkaitan dengan analisa bagaimana
etos kerja masyarakatnya, bagaimana pengambilan keputusan (otokratif
atau parsitipatif), orientasi pribadi (kolektivisme atau individualism), gender
dan lainya.
Budaya juga memiliki
pengaruh terhadap perusahaan dan manajemenya. Menurut George Stonehouse dalam buku Global and Transnational Business, budaya suatu perusahaan
terbentuk dari beberapa faktor antara lain: (a) Budaya nasional baik budaya negara
asal maupun negara dimana perusahaan beroperasi; (b) Budaya Industri; (c)
Ukuran perusahaan; (d) Sejarah perusahaan; (e) Manajemen dan gaya kepemimpinan;
(f)Gaya bekerja karyawan.
Untuk mengidentifikasi
karakteristik budaya, ada beberapa model yang sering digunakan untuk menilai
karakteristik individu atau masyarakat. Dianataranya adalah model Hofstede
(1980) mengkasifikasikan 5 dimensi karakteristik masyarakat di dunia berdasarkan tingkat power distance, uncertainty avoidance, individualism/collectivism,
masculinity/feminity, dan long-term
orientation. Sedangkan Trompernaars (1993) menganalisa
kebudayaan masyarakat suatu negara berdasarkan relationship with people, time, dan relating to nature.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar