Michael Porter, berpendapat bahwa sebuah perusahaan
haruslah memperhatikan intensitas
persaingan dalam industri. Tingkat intensitas ini ditentukan oleh kekuatan
kompetitif dasar. Menurut Porter Kekuatan kolektif menentukan potensi
keuntungan tertinggi di industri, di mana potensi keuntungan diukur dari segi
seberapa lama pengembalian modal atas modal yang diinvestasikan. Dalam
pemindaian industri, perusahaan harus menilai enam kekuatan:
1.
Ancaman pendatang baru
2.
.Persaingan dengan perusahaan-perusahaan yang
lain
3.
Ancaman produk atau jasa pengganti
4.
Kekuatan tawar-menawar pembeli
5.
Daya tawar pemasok
6.
Pengaruh Pemangku kepentingan
1.
Ancaman
pendatang baru
Pendatang baru untuk industri biasanya
membawa kapasitas baru, keinginan untuk mendapatkan pangsa pasar, dan sumber
daya yang substansial. Oleh karena itu, pendatang baru merupakan ancaman
terhadap sebuah perusahaan. Ancaman saat penetrasi tergantung pada hambatan
masuk yang ada dan reaksi yang ada dari pesaing. Hambatan saat melakukan
penetrasi pasar adalah obstruksi yang membuat sebuah perusahaan kesulitan untuk
masuk ke sebuah industri. Beberapa hambatan untuk masuk kedalam suatu pasar
adalah:
·
Skala
ekonomi
·
Diferensiasi
produk
·
Kebutuhan
modal
·
Switching
biaya
·
Akses ke
saluran distribusi
·
Ukuran
biaya kerugian independen
·
Kebijakan
pemerintah
·
2.
Persaingan
dengan perusahaan-perusahaan yang lain
Dalam kebanyakan industri, perusahaan saling
tergantung. Sebuah langkah kompetitif oleh satu perusahaan dapat diharapkan
memiliki efek yang nyata pada pesaingnya dan dengan demikian dapat menyebabkan
pembalasan. Menurut Porter, persaingan sengit terkait dengan adanya beberapa
faktor, termasuk :
·
Number of competitor
·
Rate of Industry growth
·
Product of service
·
Amount of fixed cost
·
Capacity
·
Height of exit
·
Diversity of rivals
3. Ancaman produk atau jasa pengganti
Produk pengganti
adalah sebuah produk yang tampaknya berbeda tapi dapat memenuhi kebutuhan yang
sama seperti produk yang lain. Sebagai contoh, e-mail menggantikan fax, 4.
4. Bargaining
Power of Buyer
Para pembeli mempengaruhi industri
melalui kemampuan pembeli untuk memaksa turunnya harga, tawar-menawar untuk
kualitas yang baik atau service yang lebih, dan satu sama lain bermain melawan
kompetitor. Seorang pembeli atau kelompok pembeli sangat kuat jika mengikuti
beberapa faktor berikut :
·
Pembeli membeli sebagian besar produk penjual
atau jasa (misalnya, filter oli yang dibeli oleh pembuat mobil besar).
·
Pembeli memiliki potensi untuk mengintegrasikan
mundur dengan memproduksi produk itu sendiri (misalnya, jaringan surat kabar
bisa membuat kertas sendiri).
·
Pemasok alternatif berlimpah karena produk standar
atau tidak dibedakan (misalnya, pengendara dapat memilih di antara banyak
SPBU).
·
Mengubah biaya pemasok sangat sedikit (misalnya,
perlengkapan kantor yang mudah untuk ditemukan).
·
Produk yang dibeli merupakan persentase yang
tinggi dari biaya pembeli, sehingga memberikan insentif untuk berbelanja di
sekitar dengan harga yang lebih rendah (misalnya, bensin yang dibeli untuk
dijual kembali oleh toko-toko membuat setengah biaya total mereka).
·
Pembeli mendapatkan keuntungan yang rendah dan
dengan demikian sangat sensitif terhadap biaya dan perbedaan layanan (misalnya,
toko kelontong memiliki margin yang sangat kecil).
·
Produk yang dibeli tidak penting untuk kualitas
akhir atau harga produk atau jasa pembeli dan dengan demikian dapat dengan
mudah diganti tanpa mempengaruhi produk akhir yang merugikan (misalnya, kawat
listrik dibeli untuk digunakan dalam lampu).
5. Bargaining
Power of Supplier
Pemasok dapat mempengaruhi industri
melalui kemampuan mereka untuk menaikkan harga atau menurunkan kualitas barang
dan jasa yang dibeli. Seorang pemasok atau kelompok supplier kuat jika
mengikuti beberapa faktor :
·
Industri pemasok didominasi oleh beberapa
perusahaan, tetapi menjual banyak (misalnya, industri minyak bumi).
·
Produk atau jasa yang unik dan / atau telah
membangun biaya switching (misalnya,
perangkat lunak pengolah kata).
·
Pengganti tidak tersedia (sebagai contoh,
listrik).
·
Pemasok mampu mengintegrasikan maju dan bersaing
secara langsung dengan pelanggan mereka saat ini (misalnya, produsen
mikroprosesor seperti Intel dapat membuat PC).
·
Sebuah industri pembelian membeli hanya sebagian
kecil barang dan jasa pemasok kelompok dan dengan demikian penting untuk
pemasok (misalnya, penjualan ban mesin pemotong rumput yang kurang penting
untuk industri ban daripada penjualan ban mobil).
6. Relative
Power of Other Stakeholders
Kekuatan
keenam harus ditambahkan ke daftar Porter untuk memasukkan berbagai kelompok
pemangku kepentingan dari lingkungan tugas. Beberapa dari kelompok ini adalah
pemerintah (jika tidak termasuk supplier), asosiasi pasar, ketertarikan
kelompok spesial, Union (jika tidak termasuk supplier), shareholder, dan
komplementer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar